HOME
PROFILE
EVENT
ARTICLE
PARTNERS
GALLERY
CARRIER
EMAIL

Informasi PPDB


DAFTAR UNIT :



IP Address : 54.90.185.120
Pengunjung : 412.436






Komentar Terbaru :




Newsflash :
SELAMAT KPD SD TARAKANITA 5 JKT YG TELAH MERAIH PRESTASI JUARA FAVORITE GREENMECH, JUARA 2 GREENMECH, JUARA 2 ROBOT FOR MISSION DLM KOMPETISI NASIONAL 2018 GREENMECH & RTM(ROBOT FOR MISSION)YG DISELENGGARAKAN OLEH RUMAH EDUKASI DI UNIV.TARUMANEGARA PD 19/5/18             |             Proficiat kpd Wilhelmine Maria Loe dan Anna Maria Agra Nathanniela(SMA Stella Duce 1, Yogyakarta)yg memperoleh nilai tertinggi dan peringkat 3 UNBK SMA 2018 Jurusan Bahasa dan Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta             |             PROFICIAT KPD LIDIA SANTOSO ( SMA STELLA DUCE 1, YOGYAKARTA ) YG MEMPEROLEH NILAI TERTINGGI UNBK SMA 2018 DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA             |             SISWA - SISWI SD, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMP, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             UNTUK PUTRA - PUTRI SMA, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMK TARAKANITA JAKARTA & SMK PIUS X MAGELANG, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             PROFICIAT KPD TK TARAKANITA SOLO BARU, MENJADI JUARA I LOMBA KOOR TINGKAT KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2018             |             PROFICIAT KEPADA VENERINI RANUM CLASSY DEWI (SISWI SMA STELLA DUCE 2 YOGYAKARTA, PESERTA BEASISWA TARAKANITA-HARIMA, JAPAN) SEBAGAI JUARA PERTAMA (GOLD AWARD) SEKALIGUS JUARA FAVORIT (AUDIENCE AWARD) DALAM SPEECH CONTEST BAHASA JEPANG DI HIMEJI CITY, HYOGO, JEPANG             |             SELAMAT KEPADA SD TARAKANITA 3 ATAS PENGHARGAAN SEBAGAI SEKOLAH PEDULI KEBERSIHAN PROVINSI DKI JAKARTA 2017

Berita Kegiatan :



Hari Pertama MPLS di SD Tarakanita Bumijo

Rabu; 18 July 2018 [Admin-kanwil jogja, TARAKANITA YOGYAKARTA] - Berita Umum

Tema yang dipilih dalam MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) tahun pelajaran 2018/2019 oleh Yayasan Tarakanita Kantor Wilayah Yogyakarta adalah “Menjadi Generasi Cerdas Berintegrasi dalam Keberagaman”. Tema tersebut dilatar belakangi pula karena pada tahun 2019 mendatang adalah tahun politik. Diharapkan unit sekolah dapat menyusun dan mengemas berbagai kegiatan MPLS di unit sekolah dengan memupuk persatuan dalam keberagamaan yang menjadi harta kekayaan bangsa Indonesia. Kantor Wilayah pun melaksanakan kegiatan monitoring MPLS di unit sekolah selama 3 (tiga) hari awal masuk sekolah yaitu Senin-Rabu, 16-18 Juli 2018 dengan mengirimkan 1 (satu) pemonitoring ke 7 (tujuh) unit sekolah yaitu TK Tarakanita Bumijo, SD Tarakanita Bumijo, SD Tarakanita Bumijo, SMP Stella Duce 1 & 2, SMA Stella Duce 1 & 2 Yogyakarta.

Salah satunya pada Senin, 16 Juli 2018 di unit SD Tarakanita Bumijo Yogyakarta yang menjabarkan tema dengan membagi peserta didik baru kelas 1 SD menjadi 9 (sembilan) kelompok dengan nama-nama pulau yang ada di Indonesia diantaranya kelompok dengan nama; Jawa, Kalimantan, Sumba, Lombok, Nusa Tenggara, Bali, Papua, dan Sumatera. Peserta didik baru diperkenalkan dengan nama-nama pulau yang membentuk NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

Selain itu terdapat pengenalan dengan materi tersendiri yaitu “Pengenalan Gerakan Kebhinekaan” menggunakan media power point yang berisi materi dengan didukung gambar-gambar, lagu, dan video musik. Peserta didik baru diperkenalkan dengan berbagai macam gambar baju-baju daerah, minuman-makanan daerah, berbagam macam agama di Indonesia dengan ilustrasi gambar simbol keagamaan. Peserta didikpun diajak terlibat aktif dalam kegiatan tersebut dengan berbagai pertanyaan yang dilontarkan oleh Ibu guru pemateri. Seperti contoh peserta didik diminta menyebutkan tentang isi butir-butir 5 (lima) sila Pancasila oleh Ibu Guru pemateri. Peserta didik pun dapat dengan baik dan tepat secara bergiliran menyebutkan dan melanjutkan isi sila Pancasila.

Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik para peserta didik di SD Tarkanita Bumijo selama MPLS banyak diajak berkegiatan dengan bergembira bersama seperti menyanyikan lagu-lagu nasionalis seperti Garuda Pancasila secara bersamaan dan lantang dan juga diputarkan video musik lagu pop anak-anak yang dibawakan Tasya Kamila dengan judul lagu “Aku Anak Indonesia” .

Peserta didik diajak bernyanyi sambi menari secara bersama-sama. Terlihat antusiasme dan kegembiraan dari peserta didik.

Semoga kegiatan MPLS yang ada di unit sekolah sungguh mampu membuat peserta didik baru merasa nyaman, krasan, dan senang. Sehingga peserta didik selanjutnya dapat beradaptasi dan mengikuti segala kegiatan belajar mengajar di sekolah dengan hati yang gembira.(vww)







Komentar - komentar untuk berita ini :
Belum ada komentar pada berita ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Berita Lainnya :