HOME
PROFILE
EVENT
ARTICLE
PARTNERS
GALLERY
CAREER

PPDB 2020/2021


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 18.232.125.29
Pengunjung : 1.776.609


Newsflash :
PROFICIAT KEPADA SD TARAKANITA 3 JAKARTA ATAS PRESTASINYA MERAIH PIAGAM BINTANG SATU KEAMANAN PANGAN UNTUK KANTIN SEKOLAH DARI BADAN POM REPUBLIK INDONESIA             |             PROFICIAT KEPADA SD DAN SMP SINT CAROLOS BENGKULU ATAS PRESTASINYA MERAIH PIAGAM BINTANG SATU KEAMANAN PANGAN UNTUK KANTIN SEKOLAH DARI BADAN POM REPUBLIK INDONESIA             |             PROFICIAT ATAS TERSELENGGARANYA KONFERENSI NASIONAL GURU SMP, SMA, SMK PENGAMPU UJUAN NASIONAL YG DISELENGGARAKAN DI TDC 2 SURABAYA, 26-28 NOVEMBER 2019             |                         |             PROFICIAT KEPADA SD DAN SMP SINT CAROLOS BENGKULU, MERAIH PIAGAM BINTANG SATU KEAMANAN PANGAN UNTUK KANTIN SEKOLAH DARI BADAN POM REPUBLIK INDONESIA.             |                         |             PROFICIAT KEPADA TARAKANITA WILAYAH TANGERANG YANG TELAH MERAIH JUARA UMUM DALAM OSTARNAS IV DI YOGYAKARTA 13-15 NOVEMBER 2019.             |                         |             PROFICIAT KPD SMA TARAKANITA 2 JKT YG TELAH MERAIH JUARA 1 LOMBA FILM PENDEK, JUARA 1 LOMBA DESAIN POSTER TINGKAT KOTA JAKARTA UTARA (AGUSTUS 2019)             |            

Artikel :



Pedoman Gerakan Pembiasaan Berwawasan PKT


Rabu; 01 November 2017 [Admin-kanwil jogja, TARAKANITA YOGYAKARTA] - Artikel Umum

Pembagian buku pedoman Gerakan Pembiasaan Berwawasan Pendidikan Karakter Tarakanita bagi seluruh karyawan Yayasan Tarakanita Wilayah Yogyakarta merupakan usaha yang dilakukan sebagai bentuk sosialisasi sekaligus ajakan untuk membiasakan gerakan berwawasan pendidikan karakter Tarakanita. Buku yang dirumuskan oleh Bapak Yosef Tadarung beserta tim Manajemen Yayasan Tarakanita lainnya memiliki tujuan untuk memberikan pedoman konkrit dalam mengimplementasikan gerakan-gerakan pembiasaan.


Gerakan Pembiasaan berwawasan PKT (Pendidikan Karakter Tarakanita) yang telah dirumuskan diantaranya:

  1. Pantang Plastik dan Styrofoam
  2. Galon Kejujuran
  3. Pengelolaan Sampah
  4. Cinta Lingkungan
  5. Mengembangkan Budaya Kasih
  6. Bebas dari Narkoba dan Rokok
  7. Science Fair Project

Buku tersebut memberikan gambaran cukup jelas mengenai pengertian dari setiap gerakan pembiasaan, tujuan dari setiap gerakan pembiasaan, ruang lingkup pelaksanaan gerakan pembiasaan, uraian standar dalam pelaksanaan gerakan pembiasaan, dan instrument evaluasi dari pelaksanaan gerakan pembiasaan tersebut. Setiap unit sekolah dapat pula melakukan penyesuaian terhadap gerakan yang dirumuskan misalnya gerakan galon kejujuran mungkin tidak dapat dilaksanakan di jenjang KB-TK maka dapat diganti dengan gerakan lain yang sejalan dengan usaha nilai yang ingin dicapai yakni nilai kejujuran.

Sebuah gerakan tidak akan berhasil jika hanya segelintir atau beberapa orang yang melaksanakannya karena tentu dibutuhkan partisipasi aktif dari setiap orang khususnya seluruh warga Tarakanita untuk mewujudkan gerakan tersebut. Harapannya gerakan yang awal mulanya dirintis dan digalakkan di lingkup lingkungan sekolah mungkin saja dapat menular dan menyebar ke lingkungan tempat tinggal maupun lingkungan masyarakat sekitar kita.

Memang tidak mudah memulai sesuatu dalam rangka perubahan namun dengan segala niat yang kuat, sedikit demi sedikit usaha pembiasaan yang dilakukan secara serentak semoga pembiasaan gerakan yang kita lakukan dapat membudaya dan menjadi nilai yang selalu kita hidupi dalam kehidupan sehari-hari. Selamat membaca dan selamat mempraktekkan gerakan pembiasaan berwawasan pendidikan karakter Tarakanita.(vww)





Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :