HOME
PROFILE
EVENT
ARTICLE
PARTNERS
GALLERY
CARRIER
EMAIL

Informasi PPDB


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 107.20.10.203
Pengunjung : 1.508.736


Newsflash :
PROFICIAT UTK SD TAR.5 JKT YG MEMPEROLEH PENGHARGAAN DARI MUSEUM REKOR DUNIA INDONESIA (MURI) PADA SABTU (12/1/2019) ATAS PRESTASI MEMBUAT KERTAS TERBANYAK DARI BAHAN KERTAS DAUR ULANG OLEH PELAJAR             |             SELAMAT KPD SD TARAKANITA 5 JKT YG TELAH MERAIH PRESTASI JUARA FAVORITE GREENMECH, JUARA 2 GREENMECH, JUARA 2 ROBOT FOR MISSION DLM KOMPETISI NASIONAL 2018 GREENMECH & RTM(ROBOT FOR MISSION)YG DISELENGGARAKAN OLEH RUMAH EDUKASI DI UNIV.TARUMANEGARA PD 19/5/18             |             Proficiat kpd Wilhelmine Maria Loe dan Anna Maria Agra Nathanniela(SMA Stella Duce 1, Yogyakarta)yg memperoleh nilai tertinggi dan peringkat 3 UNBK SMA 2018 Jurusan Bahasa dan Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta             |             PROFICIAT KPD LIDIA SANTOSO ( SMA STELLA DUCE 1, YOGYAKARTA ) YG MEMPEROLEH NILAI TERTINGGI UNBK SMA 2018 DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA             |             SISWA - SISWI SD, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMP, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             UNTUK PUTRA - PUTRI SMA, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMK TARAKANITA JAKARTA & SMK PIUS X MAGELANG, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             PROFICIAT KPD TK TARAKANITA SOLO BARU, MENJADI JUARA I LOMBA KOOR TINGKAT KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2018             |             PROFICIAT KEPADA VENERINI RANUM CLASSY DEWI (SISWI SMA STELLA DUCE 2 YOGYAKARTA, PESERTA BEASISWA TARAKANITA-HARIMA, JAPAN) SEBAGAI JUARA PERTAMA (GOLD AWARD) SEKALIGUS JUARA FAVORIT (AUDIENCE AWARD) DALAM SPEECH CONTEST BAHASA JEPANG DI HIMEJI CITY, HYOGO, JEPANG

Artikel :



Sudahkah Anda Tersenyum Hari Ini???


Senin; 31 October 2016 [Admin-kanwil jogja, TARAKANITA YOGYAKARTA] - Artikel Umum

Senyum bisa dibilang merupakan  kegiatan yang sangat mudah dilakukan oleh siapapun dan dimana pun. Namun, kadang sangat amat sulit dikerjakan. Ternyata senyum memiliki manfaat positif bagi kesehatan yang begitu besar.
Berikut beberapa manfaat senyum yang tidak kita duga:

1. Dapat menjaga sistem kekebalan tubuh

Dengan tersenyum dapat menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh tidak akan mudah terserang penyakit. Hal ini dikarenakan dengan tersenyum, maka fungsi seseorang dapat meningkat, sehingga seseorang akan merasakan rileks dan dapat mencegah penyakit seperti flu dan batuk.

2.Senyum bisa menular

Tersenyum tak hanya mengubah suasana hati orang tersebut tetapi juga orang-orang disekitarnya, dan membuat hal-hal menjadi lebih bahagia. Ini karena senyum bisa menular dan membawa kebahagiaan bagi orang lain.

3. Senyum Menurunkan tekanan darah

Ketika tersenyum maka ada penurunan nilai tekanan darah yang terukur. Cobalah mengukur tekanan darah saat duduk di rumah sambil membaca, lalu tersenyum selama 1 menit dan mengukur tekanan darah kembali, maka akan terlihat perbedaan.

4. Senyum bisa meredakan stress

Orang yang stress bisa terlihat dari wajahnya, tapi dengan tersenyum bisa mencegah seseorang tampak letih dan lelah. Jika sedang stress, cobalah ambil waktu untuk tersenyum, karena bisa mengurangi stress sehingga lebih mampu mengambil tindakan.

5. Senyum bisa melepaskan endorfin, penghilang rasa sakit dan serotonin
Studi telah menunjukkan senyum bisa melepaskan endorfin, senyawa yang bisa mengurangi rasa sakit secara alami dan serotonin. Ketiganya bisa membuat orang merasa lebih baik dan menjadi obat yang alami.


6. Menjaga stamina
Bagi orang yang selalu tersenyum dapat membuat stamina tetap prima, sehingga dapat melakukan pekerjaan dengan baik walaupun keadaan hatinya tidak tidak baik. Sebaliknya dengan orang yang selalu cemberut jika sedang dilanda masalah, maka stamina mereka dapat menurun dan malas untuk melakukan pekerjaan apapun. Sehingga pekerjaan yang dikerjakannya pun bisa berantakan.

7. Mengurangi Nyeri

Seringkali aktivitas harian jadi terganggu karena kita mengalami rasa nyeri pada otot, kepala, atau bagian-bagian tubuh lainnya. Salah satu langkah sederhana yang bisa digunakan untuk mengurangi rasa nyeri tersebut adalah dengan tersenyum. Senyum adalah pengurang nyeri yang alami. Saat tersenyum, hormon endorfin bekerja untuk meminimalkan rasa nyeri yang ada pada tubuhmu.
 

8. Menyehatkan Jantung

Saat kita dihadapkan pada situasi yang sulit, jantung seringkali bekerja keras dan berdetak dengan kencang. Senyum bisa membuat detak jantung tersebut jadi melambat dan kembali normal. Selain itu, senyum juga dapat mengurangi rasa cemas sehingga menjaga irama detak jantung tetap stabil.

9. Awet muda
Tahukah Anda bahwa dibutuhkan 43 otot untuk cemberut dan hanya 17 otot untuk tersenyum? Inilah mengapa sering cemberut membuat Anda lebih cepat tua dibandingkan dengan tersenyum. Otot-otot yang digunakan untuk tersenyum bisa membantu mengangkat wajah sehingga membuatnya lebih awet muda.

10. Senyum membuat anda tampak sukses.

Orang yang tersenyum terlihat lebih percaya diri dalam menjalani hidupnya. Cobalah tersenyum saat anda melakukan pertemuan dan saat ada janji. Rekan-rekan kerja, sahabat, orang-orang terdekat anda akan merasakan sesuatu yang berbeda.


Ternyata senyum memiliki manfaat yang begitu besar. Bagi anda yang sulit tersenyum saat dalam keadaan yang tidak sesuai harapan, cobalah untuk tersenyum. Itulah beberapa manfaat tersenyum bagi kesehatan. Marilah kita perbanyak senyum, hingga kita dapat mulai menikmati hidup dengan lebih indah dan berwarna.  
 
Sumber:
http://www.lovelytoday.com/trendlifestyle/2012/02/10/6574/senyum-9-manfaat-senyuman-bagi-kesehatan
http://holisticare.co.id/manfaat-senyum-bagi-kesehatan/
 






Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :